Tuesday, December 14, 2021

Update Progress Recovery Layanan Rumahweb 14 Desember 2021

Lihat versi online
www.rumahweb.com  
     
 

Update Progress Recovery Layanan Rumahweb
14 Desember 2021


Pelanggan yang Terhormat,

Berikut kami sampaikan update progres recovery layanan hingga hari ini:

  • 118 server up & running
  • 5 on progress restoring

Statusnya kami update secara live di: https://tinyurl.com/rwrecovery. Sebagai informasi, kami tidak akan memberitahukan kepada satu per satu pelanggan untuk menginformasikan status server sehingga pelanggan kami persilahkan untuk memantau melalui URL di atas.

Sebagai informasi, hingga saat ini incoming request untuk technical support masih sangat padat sehingga kemungkinan pelanggan tidak terlayani dengan baik dan menunggu lama untuk direspon permintaan dukungan teknisnya. Untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kami juga telah membuat ringkasan pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan pelanggan pada masa-masa insiden ini. Ringkasan pertanyaan - pertanyaan tersebut dapat dibaca di: https://tinyurl.com/rwrecoveryfaq

Dikarenakan masih dalam masa recovery, berikut adalah beberapa masalah yang mungkin timbul:

  1. Karena pergantian IP address untuk layanan shared hosting, beberapa pelanggan akan mengalami masalah sebagai berikut:
    1. Butuh waktu propagasi DNS sekitar 30-120 menit (tergantung ISP yang digunakan pelanggan) dari mulai server up hingga website bisa diakses kembali;
    2. Beberapa SSL yang terinstall akan mengalami masalah karena record DNSnya berubah. Butuh waktu sedikit lebih lama untuk memulihkan SSL, kisarannya sekitar 1-6 jam;
    3. Bagi yang tidak menggunakan Nameserver hosting Rumahweb (ns1.rumahweb.com, ns2.rumahweb.com, ns3.rumahweb.net, ns4.rumahweb.net), dimohon untuk mengupdate record DNS dengan mengarahkannya ke IP server baru yang digunakan. Informasi mengenai IP address terdapat di cPanel yang sudah dapat diakses kembali;
    4. Dalam masa-masa pemulihan ini kami sangat menyarankan kepada Anda untuk menggunakan nameserver Rumahweb dan mengcreate record-record lain yang dibutuhkan di nameserver tersebut
  2. Untuk pelanggan yang selama insiden ini memilih untuk membuat akun baru atau diprioritaskan restorenya dan kemudian ingin kembali menggunakan server yang lama, kami akan antrikan permintaannya dan memprosesnya sesuai antrian.
  3. Untuk sementara, kami tidak menerima request sinkronisasi data di dalam akun hosting antara server lama dan server baru karena memakan waktu dan resiko data tertimpa sangat besar. Solusi yang bisa ditempuh adalah :
    1. Pelanggan membackup data di akun yang dibuat di server baru
    2. Pelanggan meminta pengaktifan kembali akun di server lama
    3. Pelanggan memindahkan sendiri datanya dari backup yang telah dibuat di point a

Demikian update dari kami mengenai progres recovery layanan Rumahweb pada tanggal 14 Desember 2021. Meskipun layanan 95% sudah up kembali, kami mohon maaf apabila belum dapat memberikan layanan dukungan pelanggan seperti biasanya karena banyaknya permintaan dukungan teknis yang kami terima.

Best Regards,


Yusuf Nurrachman
-
Direktur Utama

 
 
 
 
Home: www.rumahweb.com
Email: info@rumahweb.com
Phone: 021-25556765
Phone: 0274-882257
Facebook Twitter Instagram Linkedin Rss
 

Thursday, December 9, 2021

Update Progress Recovery Layanan Rumahweb 10 Desember 2021

www.rumahweb.com  
     
 

Update Progress Recovery Layanan Rumahweb
10 Desember 2021


Pelanggan yang Terhormat,

Berikut kami sampaikan update atas progres recovery layanan pada tanggal 10 Desember 2021:

  • Pada tanggal 9 Desember 2021 sekitar pukul 02.00 dini hari, kami telah berhasil mengeluarkan sebanyak 72 unit server dan belasan perangkat networking kami dari Cyber Data Center (CDC) yang merupakan lokasi kebakaran;
  • Server dalam kondisi rusak karena tertutup jelaga dan sebagian tersiram air dari pemadam kebakaran. Namun demikian kami telah cek ternyata hingga newsletter ini dikirimkan, kami baru menemukan satu disk yang tidak dapat diselamatkan. Sisanya dalam kondisi baik;
  • Yang tengah kami lakukan sekarang adalah melanjutkan restore menggunakan data dari server backup sambil menyalakan kembali hardisk-hardisk yang sudah dinyatakan dalam kondisi baik sehingga proses recovery lebih cepat. Bagi pelanggan yang telah selesai dilakukan restore menggunakan data dari server backup, kami akan notifikasi apabila data termutakhirnya telah berhasil live sehingga memiliki opsi untuk menggunakan data terakhir atau menggunakan data dari server backup.
  • IP address yang menjadi destinasi restore adalah IP yang berbeda sehingga kemungkinan apabila Anda menggunakan nameserver di luar Rumahweb, Anda harus mengarahkan record domain Anda sendiri. Informasi IP Address dapat dilihat di cPanel Anda.
  • Posisi recovery layanan shared hosting hingga tanggal 9 Desember 2021 pukul 23:59:
    • 62 server up & running
    • 2 server sedang dilakukan restore
    • 52 server masih down
  • Kemungkinan apabila Anda menggunakan nameserver di luar Rumahweb, Anda harus mengarahkan record domain Anda sendiri. Informasi IP Address dapat dilihat di cPanel Anda.
  • Live update untuk status recovery bisa dipantau di:
    https://tinyurl.com/5n76bbdb
  • Update situasi dari waktu ke waktu akan kami sampaikan melalui twitter @rumahwebtweet

Demikian informasi dari kami tentang progres recovery layanan Rumahweb Indonesia. Mohon maaf atas gangguan layanan yang terjadi.

Best Regards,


Yusuf Nurrachman
-
Direktur Utama

 
 
 
 
Home: www.rumahweb.com
Email: info@rumahweb.com
Phone: 021-25556765
Phone: 0274-882257
Facebook Twitter Instagram Linkedin Rss
 

Saturday, December 4, 2021

Keterangan Resmi tentang Gangguan Layanan Rumahweb Indonesia

www.rumahweb.com  
     
 

Keterangan Resmi tentang Gangguan Layanan Rumahweb Indonesia


Pelanggan yang Terhormat,

Mulai tanggal 2 Desember 2021 pukul 12.30 WIB, telah terjadi gangguan pada sebagian besar layanan hosting dan VPS milik Rumahweb Indonesia. Gangguan ini disebabkan karena kebakaran yang terjadi di Gedung Cyber dimana kami meletakkan sebagian besar rak-rak server kami. Kebakaran terjadi di ruang Wing A CyberDC yang terdapat 72 buah server yang digunakan untuk layanan shared hosting dan VPS.

Situasi menjadi sulit bagi Rumahweb untuk melakukan recovery secepatnya karena core networking kami berada di ruangan terjadinya kebakaran tersebut. Sehingga meskipun kami memiliki backup data di lantai 3 (di datacenter DTP 3 - Gedung Cyber lt 3), kami tidak bisa mengaksesnya karena datacenter tersebut dimatikan aliran listriknya. Oleh karena itu prioritas kami hingga hari Jumat 3 Desember 2021 adalah memindahkan core networking di datacenter DTP Alpha (lantai 1) yang mana sebagian server kami juga berada di datacenter tersebut.

Pada hari itu juga, kami telah menyiapkan perangkat server-server baru di datacenter DTP TIFA. Dengan tujuan agar nantinya ketika core networking sudah bisa up and running, maka kami bisa memindahkan server yang menyimpan backup (di DTP 3) dan merestorenya ke server-server baru tersebut.

Pada tanggal 4 Desember 2021, saat kami akan mengeksekusi pemindahan server backup yang berada di Datacenter DTP 3 (lantai 3), ternyata ruangan tersebut disegel oleh Polisi sehingga kami tidak bisa lagi mengakses server backup tersebut. Kami juga belum tahu kapan segel police line tersebut akan dilepaskan sehingga kami kembali bisa mengakses server backup kami.

Jika ada layanan hosting dan VPS yang sudah up, itu berarti karena layanan hosting atau VPS tersebut menggunakan server yang berada di DTP Alpha, Neucentrix Yogyakarta. Selain itu terdapat juga server-server dari DTP lantai 3 yang berhasil kami pindahkan ke datacenter milik PT. Qwords Company International.

Karena kondisi tersebut, kami tidak bisa memastikan kapan data backup dapat diakses kembali. Sehingga sebagai opsi, kami akan menawarkan setup akun baru tanpa data. Yang mana nantinya ketika data dapat diakses kembali, kami akan menghubungi pelanggan untuk memberikan opsi restore dari data yang sebelumnya. Kami menawarkan opsi tersebut agar pelanggan yang memiliki backup di lokasi lain dapat segera up kembali layanannya dan melakukan restore sendiri.

Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas gangguan layanan yang terjadi. Saat ini kami sedang mengupayakan semua hal yang bisa dilakukan untuk secepatnya melakukan recovery. Termasuk melakukan upaya hukum agar police line segera dilepas oleh pihak berwajib dan kami dapat melakukan recovery sepenuhnya.

Jakarta, 4 Desember 2021


Yusuf Nurrachman
-
Direktur Utama

 
 
 
 
Home: www.rumahweb.com
Email: info@rumahweb.com
Phone: 021-25556765
Phone: 0274-882257
Facebook Twitter Instagram Linkedin Rss
 

Monday, November 29, 2021

Learn more about our updated Terms of Service

Mdrunk303@gmail.com

On January 5, 2022, we're making some changes to our Terms of Service. These changes won't affect the way you use Google services, but they'll make it easier for you to understand what to expect from Google — and what we expect from you — as you use our services.

You can review the new terms here. At a glance, here's what this update means for you:

  • More clarity on what you can expect from Google and what we expect from you: We're providing more examples to describe the mutually respectful conduct that we expect from all our users.
  • Improved readability: While our terms remain a legal document, we've done our best to make them easier to understand, including reorganizing some topics so that they're easier to find.

If you use Family Link to manage a Google Account for someone else, please take some time to talk to them about these changes.

Thank you for using Google!

Google LLC, 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA, 94043

You have received this email to update you about important changes to Google's Terms of Service.

Wednesday, November 17, 2021

Hari Ini: Rebut Hadiah dan Jadi Juara RW! 🏅😱

Lihat versi online
www.rumahweb.com  
     
 

Rebut Hadiah dan Jadi Juara Tingkat RW
Hari ini Lomba Cerdas Cermat .ID

H-2 Kisi-Kisi Lomba Cerdas Cermat

Halo Warga RW,

Sudah belajar belum Warga RW? Yuk yang belum belajar masih ada waktu kok...

Kami selaku Orang Rumah ingin mengingatkan lagi kepada seluruh Warga RW di manapun kalian berada untuk ikut meramaikan acara webinar Lomba Cerdas Cermat.

 

Lomba Cerdas Cermat .ID
Kamis, 18 November 2021
Pukul 14.00 WIB

Via Zoom

Daftar Sekarang »

 

Jangan khawatir, acara ini terbuka untuk umum dan tentunya GRATIS.

Bagi para peserta dengan jawaban tercepat dan benar, akan berkesempatan memenangkan doorprize menarik, di antaranya 10 Voucher Gratis Domain .ID + Hosting (1 tahun) dan doorprize utama 1 unit smartwatch.

Yakin udah siap? Yuk rebut hadiah dan jadi juara RW!

Ayo Daftar Cerdas Cermat Sekarang »

 
 
 
 
Home: www.rumahweb.com
Email: info@rumahweb.com
Phone: 021-25556765
Phone: 0274-882257
Facebook Twitter Instagram Linkedin Rss
 
Untuk berhenti berlangganan klik di sini - Copyright © 2021 CV. Rumahweb Indonesia

Monday, November 15, 2021

2 Hari Lagi! Kisi-Kisi Lomba Cerdas Cermat 📝

Lihat versi online
www.rumahweb.com  
     
 

Yuk, Persiapkan Diri Kalian Sekarang!
Pelajari Kisi-kisi Lomba Cerdas Cermat

H-2 Kisi-Kisi Lomba Cerdas Cermat

Halo Warga RW,

Kalian udah belajar untuk Cerdas Cermat .ID atau belum? Yakin udah pada tahu soal-soal kuisnya?

Tenang.. Sama halnya ujian nasional, kita bakal buka-bukaan tentang kisi-kisi lomba besok biar kalian juga bisa mempersiapkan diri dengan matang.

Berikut kisi-kisi lomba Cerdas Cermat .ID:

  • Domain .ID.
  • Program PANDI.
  • Layanan PANDI.
  • Layanan s.id, u.id, banggapakai.id, dan Indonesia Anti-Phising Data Exchange.

Setelah tahu kisi-kisinya, ayo dipelajari dan jangan lupa daftar ikutan webinarnya. Acara ini terbuka untuk umum, GRATIS, dan berhadiah jutaan rupiah!

 

Lomba Cerdas Cermat .ID
Kamis, 18 November 2021
Pukul 14.00 WIB

Via Zoom

Ayo Daftar Cerdas Cermat Sekarang »

 
 
 
 
Home: www.rumahweb.com
Email: info@rumahweb.com
Phone: 021-25556765
Phone: 0274-882257
Facebook Twitter Instagram Linkedin Rss
 
Untuk berhenti berlangganan klik di sini - Copyright © 2021 CV. Rumahweb Indonesia