Mohon Maaf atas Gangguan Network 19 Februari 2021

Mohon Maaf atas Gangguan Network 19 Februari 2021

Lihat versi online
www.rumahweb.com  
     
 

Mohon Maaf atas Gangguan Network
19 Februari 2021

 

Salam,

Kami beritahukan bahwa sejak tanggal 19 Februari 2021 sekitar pukul 10.15 WIB telah terjadi gangguan pada network internasional yang berakibat gangguan berupa ketidakstabilan dan penurunan kualitas link akses dari network Rumahweb ke arah luar Indonesia dan sebaliknya.

Penyebab Gangguan Network
Gangguan ini disebabkan karena putusnya jaringan submarine fiber B3JS (Jakarta-Bangka-Bintan-Batam-Singapore) yang menjadi backbone konektivitas internasional bagi banyak ISP di Indonesia.

Apakah Rumahweb tidak Memiliki Backup?
Rumahweb menggunakan 3 ISP untuk mengkoneksikan jaringannya ke jaringan internasional dengan tujuan agar bisa saling membackup ketika terjadi gangguan di salah satu atau bahkan dua ISP sekaligus.

Kami juga memilih ISP yang memiliki backbone NAP (Network Access Provider) berbeda sehingga ketika ketika yang bermasalah adalah di sisi NAP maka tidak akan berimbas banyak dengan asumsi ISP-ISP yang kami gunakan memiliki NAP yang berbeda-beda.

Namun setelah kejadian tanggal 19 Februari 2021 tersebut kami baru mengetahui bahwa NAP-NAP tersebut meski berbeda koneksi, hampir semuanya menggunakan jaringan submarine fiber B3JS yang terganggu. Sehingga meskipun kami menggunakan 3 ISP yang berbeda, semuanya mengalami gangguan berupa putus total maupun degradasi kualitas link.

Apakah Koneksi Lokal dari Indonesia Terganggu?
Rumahweb terkoneksi langsung melalui IIX, OpenIXP, CDIX, dan CIX sehingga sebenarnya relatif tidak ada gangguan. Namun demikian kami mengamati ada gangguan saat akses website dengan HTTPS. Ini terjadi karena koneksi antara server kami ke CA (Certificate Authority) yang semuanya berada di luar negeri terganggu.

Efek dari Gangguan Jaringan Internasional
Beberapa efek dari gangguan tersebut adalah:

  • Website lambat / gagal diakses dari luar negeri;
  • Email mengalami delay baik dari dan ke mail server yang berada di luar negeri;
  • Akses ke HTTPS terganggu;
  • dll

Kami paham bahwa gangguan ini menyebabkan terganggunya juga proses bisnis Anda. Untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami memonitor bahwa konektivitas internasional mulai stabil pada hari ini, namun belum sepenuhnya pulih sehingga mungkin masih ada beberapa kendala minor. Kami juga sedang dalam proses penarikan link baru untuk semakin memperlancar jaringan internasional kami.

Sekali lagi, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas gangguan dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

 

Jabat Erat,

Yusuf Nurrachman
(Chief Executive Officer)

 
 
 
 
Home: www.rumahweb.com
Email: info@rumahweb.com
Phone: 021-25556765
Phone: 0274-882257
Facebook Twitter Instagram Linkedin Rss
 
Untuk berhenti berlangganan klik di sini - Copyright © 2021 CV. Rumahweb Indonesia



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Juru Tulis 1, Published at 7:13 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment